Penentuan Strategi Pembelajaran

agar materi tersampaikan kepada peserta didik guru harus menentukan strategi yang sesuai sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik

 

  1. Pengertian Strategi Pembelajaran

Strategy pembelajaran merupakan komponen penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, banyak model dan strategi yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran, namun tidak semua strategi tersebut cocok untuk mengajarkan semuja materi pembelajaran dan untuk semua siswa. Strategy tersebut harus dipilih dengan cermat agar dapat digunakan secara optimal dalam kegiatan pembelajaran. Dalam rangka pengembangan pembelajaran, salah satu tugas pendidik adalah memilih strategu pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang di inginkan.

 

Strategi pembelajaran adalah “setiap kegiatan yang dipilih, yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada siswa dalam menuju tercapainya tujuan pembelajran tertentu” (kozma, 1978, p.97). selain “kegiatan”, termasuk dalam strategi pembelajaran adalah “materi dan paket pembelajaran” strategi pembelajaran diartikan sebagai “semua komponen materi, paket pengajaran, dan prosedur yang digunakan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran tertentu (dick Cery, 1978,p.106). Strategi pembelajaran bisa juga diartikan sebagai rencana yang akan dilkukan oleh guru dalam mengajarkan bahan ajar kepada pesert didik[1]

 

  1. Komponen strategy pembelajaran
  2. Kegiatan pembelajaran pendahuluan

Kegiatan pendahuluan disini dimaksudkan untuk menarik perhatian, minat, motivasi siswa terhadap materi pembelajaran yang biasanya di lakukan dengan menunjukan kompetensi pembelajaran dan memberikan bahan apersepsi.

  1. Penyampaian informasi

Dalam Penyampaian informasi atau penyampaian materi pelajaran perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya yaitu urutan penyampaian, ruang lingkup mater yang disampaiakan, jenis materi pelajaran (fakta, konsep,  prinsip, prosedur )

  1. Partisipasi Siswa

Setelah siswa diberikan informasi atau pelajaran mengenai ketrampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki mereka hendaknya diberikan kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka pahami, dan juga berlatih atau mempraktekan pengetahuan atau ketrampilan yang diharapkan dapat dimiliki oleh mereka setelah selesei belajar, tidaka hanya diberi kesempatan berlatih, hendaknya mereka di beritahu hasil latihan, dan perlu diberikan penguatan dan penegasan apabila jawaban mereka benar dan di berikan jawaban yang benar apabila jawaban siswa salah dalam latihan cara ini bisa dilakukan apabila latihanya berupa menjawab soal tes

  1. Tes

Langkah selanjutntya adalah evaluasi, apakah kompetensi/tujuan pembelajaran sudah tercapai apa belum, dengan tes guru mengetahui apakah pengetahuan dan ketrampilan yang diajarkan siswa sudah dikuasai atau belum.

  1. Kegiatan Lanjutan

Setelah hasil evaluasi sudah diketahui maka perlu diadakan tindak lanut terhadap hasil evaluasi tersebut, misalnya berupa remdial bagi yang belum mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

 

  1. Klasifikasi jenis-jenis strategy dan metode pembelajaran
  2. Klasifikasi strategi pembelajaran.

Strategi pembelajaran dapat di kelompokan dengan menggunakan segi peninjauan yang berbeda-beda secara garis besar strategi pembelajaran dapat dikelompokan

  • Ditinjau dari kompetensi /tujuan pembelajaran
  1. Strategi pembelajaran Kognitif
  2. Strategi Pembelajaran Psikimotorik
  3. Strategi pembelajaran afektif
  • Di tinjau dari letak kendali belajar
  1. Kendali belajar pada siswa
  2. Kendali belajar pada guru
  • Ditinjau dari materi yang dipelajari
  1. Strategi pembelajaran fakta
  2. Strategi pembelajaran konsep
  3. Strategi pembelajaran prinsip
  4. Strategi pembelajaran prosedur
  • Ditinjau dari besar kecilnya kelompok yang belajar
  1. Strategi pembelajaran kelompok besar
  2. Strategi pembelajaran kelompok kecil
  3. Strategi pembelajran individual
  • Ditnjau dari segi cara perolehan ilmu pengetahuan
  1. Induktif
  2. Deduktif
  3. Inkuiri
  4. Diskaveri
  5. konstruktivisme
  • Ditinjau dari segi interaksi dan arah informasi anatara dengan guru dengan siswa
  1. Strategi pembelajaran non-aktif
  2. Strategi pembelajaran overaktif
  3. Strategi pembelajaran interaktif
  4. Strategi pembelajaran satu arah
  5. Strategi pembelajaran dua arah
  6. Strategi pembelajaran multiarah
  7. Strategi pembelajaran kooperatif
  • Ditinjau dari segi aktualitas, letak dan hubungan antar sumber belajar
  1. Strategi pembelajaran tata muka
  2. Strategi pembelajaran jarrah jauh
  3. Jenis-jenis Metode pembelajaran
  • Pengajaran dengan bantuan computer

Sesuai Namanya metode ini menggunakan computer sebagai media pembelajaranya, pembelajaran bersifat individual dan bukan klasikal, setiap siswa menggunakan computer untuk mempelajari suatu materi pembelajaran.

  • Demontrasi

Metode ini guru dalam kegiatan pembelajaran memperagakan atau menunjukan cara kerja suatu prosedur, ara kerjanya suatu prinsip, cara menggunakan suatu peralatan dll

  • Diskusi

Metode diskusi adalah metode mengajar yang menghendaki sekolompok siswa (3 atau lebih) membahas suatu masalah ditinjau dari berbagai macam sudut pandang. Dalam metode diskusi siswa diharapkan tukar-menukar pendapat mengenai suatu topik untuk di ambil suatu kesimpulan.

  • Latihan

Kegiatan belajar dengan berlatih secara teratur, berulang kali, dengan intensif dan intensif dengan maksud membantu siswa menguasai ketrampilan tertentu.

  • Ceramah

Suatu metode pembelajaran dimana guru menyajikan materi pelajaran (presentasi ) secara lisan mengenai suatu materi pelajaran

  1. Dasar dan langkah-langkah pemilihan strategi pembelajaran
  2. Dasar-dasar/kriteria pemilihan strategi pembelajaran

Banyak factor yang menjadi dasar pemilihan strategi pembelajaran dasar pertama adalah kompetensi dasar (KD) dan dasar berikutnya adalah factor belajar, lingkungan belajar dan besar kecilnya kelompok belajar.

  • Kompetensi dasar

Kompetensi dasar menjadi dasar pokok penentuan strategi pembelajaran, sebab strategi dipilih untuk membantu tercapainya pembelajaran.

  • Faktor belajar

Factor-faktor belajar yang perlu diperhatikan dalam memilih strategi pelajaran meliputi stimulant atau metode penyampaian materi pelajaran, reaksi siswa terhadap stimulant tersebut kemudian umpan balik yang diberikan kepada siswa untuk memberitahukan tepat tidaknya respon atau jawaban siswa.

  • Factor lingkungan belajar

Langkah selanjutnya adalah menentukan lingkungan belajar, tata letak, tata ruang meliputi ruang kelas, ruang laboratorium dll

  • Factor besar kecilnya kelompok belajar

Besar kecilnya kelompok belajar juga penting untuk menentukan strategi pembelajaran yang akan digunanakan selama proses pembelajaran, karena mengajar individu, kelompok kecil ataupun kelompok besar diperlukan strategi yang berbeda.

  1. Langkah-langkah pemilihan strategi pembelajaran

       Banyak strategi dan metode pembelaran yang dapat digunkan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran, maka berbagai strategi itu harus dipilih dengan tepat. Beberapa petunjuk dalam memilih strategi/metode pembelajaran yang tepat menurut mager (1977, p 54) adalah sebagai berikut :

  • Perhatikan komptensi dasar yang ingin dicapai
  • Pilih strategi/metode yang memungkinkan siswa dapat menunjukan ketrampilan sesuai yang diharapkan setelah belajar.
  • Pilihlah tehnik yang memungkinkan siswa banyak melakukan aktifitas belajar dengan menggunakn banyak indra.

       Sementara menurut kemp (1977, p.62) dalam memuilih strategi pembelajaran atau metode mengajar perlu mengikuti langkah-langkah sesuai dengan panduan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :

  • Apakah materi pelajaran tersebut paling baik kalau disampaikan kepada sema siswa secar serentak bersama-sama dalam suatu waktu ? jika jawabanya “iya” gunakan pengajaran klasikal dengan metode ceramah.
  • Apakah materi pelajaran tersebut paling baik kalau dipelajari siswa secara individual sesuai dengan keepatan dan kesempatan masing-masing ? jika jawabanya “iya”, gunakan pola pengajara individual dengan system modul atau pengajaran berprogram.
  • Apabila diperlukan pengalaman yang hanya bisa berhasil diperoleh dengan jalan diskusi dan lain-lain kerja kelompok diantara siswa dengan tanpa kehadiran guru ? jika jawabanya “iya” gunakan pola pembelajaran kelompok kecil dengan metode diskusi.
  • Apakah diperlakukan adanya diskusi atau konsultasi secara individual antara guru dan siswa ? jika jawabanya “iya” gunakan pola pengajaran individual dengan metode bimbingan, tutorial, konsultasi, tanya jawab, dsb.

 

[1] Hasbullah, Juhji, Ali Maksum, Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, udureligia, Vol.3, No 1, Januari-juni2019

 


Muhammad Amin Khizbullah

192 Blog posts

Komentar