Mapesa Berencana membuat serial buku untuk sejarah Aceh

“Batu nisan Aceh mempunyai nilai sejarah yang tak terbayangkan, namun sampai sekarang hanya beberapa saja yang telah dikaji dan diterbitkan. Coba membayangkan, betapa banyak informasi sejarah yang penting yang sekarang masih ‘terkunci’ dalam ratusan batu nisan Aceh yang masih belum t

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Seri Terbitan Mapesa


Kompleks Makam Sultan Mu’min Syah di Gampong Pande (Raja-raja Gampong Pande)
“Batu nisan Aceh mempunyai nilai sejarah yang tak terbayangkan, namun sampai sekarang hanya beberapa saja yang telah dikaji dan diterbitkan. Coba membayangkan, betapa banyak informasi sejarah yang penting yang sekarang masih ‘terkunci’ dalam ratusan batu nisan Aceh yang masih belum terdokumentasi dan dikaji secara mendalam”.(Dato’ Dr. Annabel Gallop).


Kutipan ini merupakan salah satu pengakuan terhadap pentingnya data epigrafis bagi sejarah Aceh serta penulisannya. Ini merupakan suatu hal yang telah lama diyakini oleh Mapesa. Keyakinan itu dicoba wujudkan lewat usaha mempertahankan kelestarian benda warisan yang membawa data-data tersebut sekaligus lewat penerobosan jalur-jalur rumit dalam rangka membuka kunci ke gudang-gundang informasi sejarah yang terkandung di sana.


Maka dari itu, Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (MAPESA) bertekad meneliti, mendokumentasikan, serta pada akhirnya dapat menerbitkan kajian-kajian dalam format “Seri Terbitan Mapesa”. Untuk seri pertama akan diterbitkan sebuah kajian dari hasil penelitian dan dokumentasi di Kampung Pande, bertajuk: Kompleks Makam Sultan Mu’min Syah di Gampong Pande (Raja-raja Gampong Pande).

 

 

 

 

 

 

 

 

Tahapan kajian yang sudah dilalui adalah: Pembacaan inskripsi nisan-nisan di kompleks tersebut. Untuk kerja-kerja lanjutan sampai dengan penerbitan seri ini adalah sebagai berikut:

    Pemotretan
    Analisis dan penulisan hasil bacaan inskripsi
    Layout dan cetak
    Pengurusan ISBN

Estimasi biaya yang diperlukan untuk kerja-kerja tersebut (tanpa honor) sebagai berikut.
1. Pemotretan
Waktu yang dibutuhkan 1 minggu dengan kontribusi peralatan ditanggung oleh Glamour Pro
dan biaya operasional lapangan yang diperlukan Senilai Rp. 500.000,-/ hari x 7 = Rp. 3.500.000,-
Maksimal waktu: 1 Minggu
2. Analisis dan penulisan hasil bacaan inskripsi. Tempo waktu yang diperkirakan selesai (2 minggu). Maksimal biaya operasional harian Rp. 285.000/ hari x 14 = Rp. 3.990.000,- (Dibulatkan: Rp. 4000.000,-)
Maksimal waktu: 2 Minggu
3. Layout dan cetak (1000 eks). Biaya yang diperlukan 17.000.000,-
Maksimal waktu: 1 minggu
4. Pengurusan ISBN (tidak memerlukan biaya).
Total estimasi biaya: Rp. 24.500.000,-
Total maksimal waktu: 1 Bulan
Demikian estimasi biaya yang diperlukan untuk penerbitan kajian seri ini.


Untuk mencukupi biaya tersebut, Mapesa menyambut kontribusi semua pihak dalam hal ini supaya tekad baik ini dapat terwujud.


Perlu kami beritahukan juga bahwa seri penerbitan ini nantinya akan dikomersilkan di mana keuntungannya kemudian akan digunakan untuk seri penerbitan berikutnya dan begitu pula seterusnya.
Demikian kami sampaikan dengan penuh harapan, usaha ini mendapat dukungan dari semua pihak.
Berbagai saran dapat disampaikan kepada ketua dan wakil ketua Mapesa dan setiap kontribusi dapat disalurkan ke nomor rekening Ketua Mapesa Mizuar Mahdi Al-Asyi
(Hp. 082361885751)

Bank Aceh a/n Mizuar
No rek. 01302200009740

Bank CIMB Niaga a/n Mizuar
No rek. 7290100475167

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala meridhai kita dan memudahkan segala aktivitas kita semua.

Wassalamu’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bandar Aceh Darussalam
16 Shafar 1442 H
Pengurus MAPESA

 

 


helmi pauzi

11 Blog posts

Komentar