Apa saja Dampak yang Akan Terjadi Jika Perang Korea Utara Dan Korea Selatan Pecah?

Korea Utara meledakkan kantor penghubung kedua negara dinilai sebagai ancaman dari adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Hal ini merupakan suatu bentuk protes dengan sikap Pemerintah Korea Selatan. Lalu, apakah yang akan terjadi jika kedua negara korea ini kembali berperang setelah Perang

Saat ini dua negara Korea, Korea Selatan dan Korea Utara kembali memanas setelah tak lama diberitakan berdamai pada tahun 2018. Isu ini terjadi saat diketahui Korea Utara meledakkan kantor pengbuhung Korea Utara dan Korea Selatan. Sehingga hal ini menimbulkan ketegangan antar kedua negara.

Peledakan Kantor Penghubungan Korea Utara dan Korea Selatan | Newssky
Korea Utara meledakkan kantor penghubung kedua negara dinilai sebagai ancaman dari adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Hal ini merupakan suatu bentuk protes dengan sikap Pemerintah Korea Selatan. Lalu, apakah yang akan terjadi jika kedua negara korea ini kembali berperang setelah Perang Korea Utara sebelumnya yang terjadi pada tahun 1950.

  1. Industri hiburan asia di Korsel akan dihentikan




Industri hiburan di Korea Selatan saat ini sedang dalam puncak ketenaran hingga dikenal di seluruh dunia. Banyak industri hiburan seperti movie, drama, dan musik Korea Selatan yang disukai banyak orang. Artis-artis Korea Selatan juga sangat populer, sebut saja BTS, EXO, dan Tremendous Junior. Beberapa boyband/Girlband Korea Selatan ersebut terkenal dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Apa yang terjadi dengan industri hiburan Korea Selatan jika Perang Korea kembali pecah? Industri hiburan Korea Selatan akan dihentikan akibat perang korea. Jika perang kedua negara pecah, kedua negara akan saling membela diri dan melakukan perlawanan.

Yang tentu saja akan menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kerusakan di wilayah kedua negara tersebut. Sehingga, bisa dipastikan banyak Industri dari kedua negara akan dihentikan, salah satunya adalah Industri hiburan Korea Selatan.

  1. Perang korea akan menjadi pertanda awal perang dunia ke 3.



Ilustrasi Perang Dunia 3 | Askpic
Konflik kedua negara korea sudah lama diisukan akan terjadi. Korea Selatan sudah lama mempersiapkan berbagai upaya jika sewaktu-waktu perang akan terjadi di negaranya. Salah satu yang dilakukannya adalah mewajibkan rakyatnya ikut serta dalam wajib militer atau wamil. Jika perang korea pecah, maka akan menjadi pertanda awal terjadinya perang dunia ke-3.

Lalu, bagaimana skenario yang akan terjadi saat Perang Korea Utara ? Amerika Serikat berhubungan baik dengan Korea Selatan, bisa dipastikan Amerika Serikat akan membantu Korea Selatan untuk menyerang Korea Utara. Sedangkan dipihak Korea Utara ada Rusia yang akan membantunya. Rusia tidak akan menyerang Korea Selatan, tetapi dia akan menyerang Amerika Serikat.

Negara di Eropa akan berusaha untuk menenangkan pihak terlibat. Sedangkan negara Australia akan berusaha menjaga keamanan Negaranya. Tiongkok akan membantu Korea Utara. Sama dengan Rusia, Tiongkok tidak akan menyerang Korea Selatan, tetapi menyerang Amerika Serikat.

  1. Krisis ekonomi dunia akan mulai terjadi


Korea selatan merupakan salah satu penggerak Ekonomi dunia. Oleh sebab itu, jika perang korea pecah, maka akan berdampak pada perekonomian dunia. Banyak negara akan mengalami krisis ekonomi.

Diantaranya adalah negara-negara di Asia tenggara termasuk Indonesia. Apalagi saat ini negara di Asia Tenggara sedang mengalami kemajuan dalam sektor ekonomi. Jika Perang Korea Utara terjadi, siap-siap menerima dampak yang salah satunya adalah krisis keuangan dan ekonomi yang parah.

  1. Dunia akan berubah menjadi mencekam


Ada banyak hal yang akan terjadi jika perang korea pecah, salah satu dampak terbesarnya adalah dunia akan berubah menjadi mencekam. Semua negara di dunia akan fokus dengan kedua negara yang berperang. Menyebabkan banyak sektor di setiap negara akan menurun dan kehancuran meningkat. Beberapa diantaranya adalah, sektor penerbangan, sosial, ekonomi, dan politik.

  1. PBB sibuk dengan urusan menenangkan ketegangan antar pihak yang terlibat




Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB | Pulse
Yang paling berperan dalam mengatasi peperangan korea adalah organisasi PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa. Jika ketegangan tidak bisa dikontrol, kemungkinan organisasi PBB akan berakhir.

  1. Perang korea akan menjadi awal Kehancuran dunia



Hal yang paling ditakuti dari perang ini adalah teknologi dan senjata nuklir akan dipakai dalam peperangan. Di zaman trendy sekarang ini, teknologi semakin canggih dan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Jika perang korea pecah saat ini, teknologi akan digunakan dalam peperangan.

Selain itu, senjata nuklir yang ditakuti oleh dunia juga akan digunakan. Senjata nuklir adalah senjata paling mematikan yang bisa menghancurkan dan sangat berdampak besar bagi kehidupan. Nuklir akan berjatuhan kesana kemari dan menimbulkan banyak kehancuran khususnya bagi kehidupan manusia.

Sangat disayangkan apabila perang kedua negara korea pecah. Akan ada banyak dampak yang terjadi, bukan hanya di kedua negara tetapi juga berimbas ke seluruh dunia. Semoga perang korea tidak terulang kembali dan dunia akan tetap aman.


Muhammad Amin Khizbullah

192 Blog posts

Komentar