Tips Memotret Malam Hari Menggunakan Smartphone

Memotret malam hari menggunakan smartphone menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi fotografer.

Memotret malam hari menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi fotografer. Jika berhasil mengabadikan momen malam hari, hasilnya bisa sangat bagus.

Namun, perlu keahlian khusus dan setting kamera smartphone yang tepat untuk bisa menciptakan hasil foto malam hari yang bagus. Berikut rangkumannya:

 

1. Pakai Fitur Night Mode

Ada sejumlah smartphone yang didukung fitur night mode. Fifur ini bekerja memanfaatkan shutter speed yang lambat untuk menangkap objek secara detail lantaran minim pencahayaan. Agar hasilnya maksimal, bisa menggunakan flash.

 

2. Ubah ke Manual/Pro Mode

Fitur ini biasanya hanya ada pada ponsel pintar keluaran terbaru. Jika tidak, bisa menggunakan aplikasi ketiga. Dengan mode ini, pengguna bisa mengatur ISO, Shutter Speed dan Aperture yang diinginkan.

 

3. Pakai Pencahayaan Tambahan

Sebenarnya, memakai flash smartphone tidak dianjurkan karena bisa merusak detail dan kedalaman foto. Namun, jika terpaksa mengambil gambar dalam kondisi gelap, maka flash adalah pilihan terbaik.

 

4. Atur Shutter Speed

Apabila ingin mendapatkan hasil foto dengan pencahayaan pas di malam hari, coba atur shutter speed di angka rendah (lambat). Semakin lambat kecepatan rana, semakin banyak cahaya yang masuk. Tapi, harus hati-hati karena hasil foto bisa blur jika terjadi pergerakan sedikit saja.

 

5. Gunakan Tripod

Supaya hasil foto tidak nge-blur atau buram, bisa memakai tripod. Pakailah tripod yang kaki-kakinya kokoh, stabil dan tidak mudah jatuh. Agar lebih mudah, carilah tripod yang sudah punya fitur remote bluetooth sehingga bisa dioperasikan dari jauh.


Mustika Putri

28 Blog posts

Komentar